cerita bri life
First Jobber, Ini Cara Mudah Menabung Buat Masa Depanmu


Lulus kuliah dan dapat kerjaan jadi pegawai kantoran pastinya menyenangkan banget ya. Gak perlu lagi minta uang ke orang tua, bahkan sudah bisa menyenangkan mereka dengan mengajak makan di restoran atau membelikan hadiah barang yang sudah lama jadi incaran.  Hang out atau nonton konser artis idola sampai traveling, sudah masuk daftar kegiatan akhir pekan.

Sekali-sekali sih sah aja, tapi hal ini menjadi masalah jika dilakukan terus-terusan sampai lupa punya tabungan.  Di masa depan kita akan cukup kerepotan memenuhi kebutuhan hidup. Setiap tahun inflasi terus terjadi, kebutuhan juga akan semakin mahal.  Kalau menuruti gaya hidup, bisa-bisa kita terjerat hutang kartu kredit. Jangan sampai kejadian ya.

Buat kamu para first jobber, ini lima cara mengatur keuangan supaya kamu tetap bisa menikmati hidup sekaligus mengamankan dana dalam tabungan:

Membuat Neraca Bulanan   

Dengan mengetahui  arus kas pemasukan dan pengeluaran keuangan kita,  kita bisa mengalokasikan anggaran dengan tepat: berapa pengeluaran rutin seperti biaya transportasi, makan, cicilan jika ada.

Sebagai gambaran, dengan pendapatan bersih setiap bulan 4 juta, sehingga dalam setahun dan ditambah satu kali THR seluruhnya menjadi 52 juta. Dari total dana tersebut kita bisa mengalokasikannya untuk kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan penting lainnya. Jangan memikirkan kebutuhan lain yang belum prioritas. Lalu setelah dipotong oleh kebutuhan tadi, kita sudah bisa menentukan seberapa besar uang yang bisa kita simpan setiap bulannya.

Memisahkan rekening tabungan dan kebutuhan

Ada baiknya membuat rekening terpisah untuk kebutuhan belanja dan tabungan, baik dana darurat maupun masa depan. Gaji first jobber sebagai fresh graduate memang tidak besar, tapi tidak ada alasan untuk tidak menabung.

Kurangi Jajan Saat Di Kantor

Kecenderungan first jobber menghabiskan uang untuk pembelian kopi hits atau dikenal dengan latte effect, tanpa sadar menggerogoti keuangan. Dengan harga rata-rata 20 ribu, dalam sehari bisa terjadi 2x pembelian dan dalam sebulan saja sudah menghabiskan 800ribu rupiah. Jumlah yang tidak sedikit ya? Ini belum termasuk pengeluaran serupa saat hang out di akhir pekan.

Memanfaatkan fasilitas kopi gratis di pantry kantor bisa kamu jadikan solusi untuk mengurangi belanja kopi setiap bulannya. Lumayan kan?

Bawa Bekal Sendiri

Biaya makan siang dan malam saat lembur di kantor juga tidak bisa diremehkan. Sekali makan saja rata-rata sebesar 25ribu rupiah, ditambah ngemil di sela jam kerja. Kalau dihitung, wah lumayan juga ya?

Kenapa tidak membawa bekal sendiri? Buat yang tinggal dengan keluarga, akan sangat mudah karena hanya butuh kotak makan sedangkan isinya sudah tersedia di rumah. Nah kalau kamu tinggal sendiri atau ngekos, sempatkan memasak deh. Selain lebih irit dan sehat, kamu juga bisa mengasah kemampuanmu di dapur.

Kurangi Belanja Barang Yang Tidak Diperlukan

Sering dapat promo diskon atau voucher dari merchant? Menggiurkan banget ya. Tapi, yakin kamu butuh?

Sering terjadi, barang yang dibeli secara impulsif justru menumpuk di lemari. Cobalah untuk menahan diri agar tidak terpengaruh penawaran promo tersebut. Daripada  mubazir karena barangnya tidak digunakan, plus pelan-pelan membuat uang di rekening makin tipis.

Proteksi Diri Dengan Asuransi

Sudah mengurangi pengeluaran, membuat tabungan berjangka, jangan lupa lengkapi diri kamu dengan asuransi. Karena yang namanya musibah seperti sakit tidak bisa diprediksi, ketika datang hanya akan membuat pengeluaran membengkak.

Jadi, selagi masih muda tidak ada salahnya kamu memiliki asuransi dari sekarang. Adanya asuransi akan melindungi keuangan kita. Jadi, kamu tidak perlu lagi membongkar tabungan atau dana darurat saat keadaan gawat. Kelebihan lainnya, memiliki asuransi sejak dini  juga merupakan penghematan karena biaya premi lebih rendah ketimbang saat usiamu sudah tidak muda lagi.

Banyak variasi jenis asuransi yang tersedia di pasar saat ini. Salah satu nya di simplyhealthcare.co.id dengan premi yang terjangkau, kamu bisa terproteksi untuk terus berkreasi di masa muda mu ini . Yuk, klik sekarang dan temukan ketenangan bersama Simply Health Care.