cerita bri life
"Do" dan "Don't" Kalau Kamu Mau Mudik Lebaran

Jelang Hari Raya Idul Fitri atau lebaran sebagian besar masyarakat Indonesia akan melakukan mudik.  Selain para perantau, mereka yang sudah menetap pun biasanya pulang kampung untuk bertemu sanak-saudara. Kamu juga mudik, bukan?

 

Nah, buat kamu yang mau mudik, #BeRIKetenangan pada mudikmu dengan apa yang perlu dilakukan ( Do) dan perlu dihindari ( Don’t) agar perjalanan aman dan nyaman.

 

“DO”

 

Sahur yang Cukup

Kalau memutuskan mudik siang hari, persiapkan dirimu dengan sahur yang cukup. Cukup dari sisi nutrisi (karbohidrat, protein dan serat) juga kuantitas asupan. Jangan lupa, perbanyak juga konsumsi air dan buahan-buahan segar. Sebaliknya, jika memutuskan mudik malam, berbukalah dengan proporsional (tidak terlalu kenyang) dan bawalah pakaian hangat.

 

 

Servis Kendaraan

Servis kendaraan sangat penting dilakukan, termasuk saat kamu hendak mudik ke kampung halaman dengan menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini bermanfaat untuk memastikan semua komponen kendaraan bekerja dengan baik dan layak digunakan dalam perjalanan jauh. Jadi, servislah kendaraanmu beberapa hari (5-7 hari) sebelum mudik dilakukan.

 

Siapkan Perbekalan dan Perlengkapan

Mudik itu pasti menguras tenaga, baik itu tenaga pengemudi, penumpang, maupun mobil itu sendiri. Maka dari itu, buatlah daftar jauh-jauh hari apa yang harus dibawa, berikan skala prioritas, misalnya apa yang penting serta mana yang kurang penting sehingga tidak perlu dibawa. Contoh-contoh perbekalan dan perlengkapan yang harus dibawa, antara lain dokumen-dokumen penting (SIM, KTP, dan STNK kalau kamu mau mudik pakai kendaraan pribadi), air mineral dan snack/camilan, P3K/obat-obatan khusus, dan alat-alat ibadah.

 

 

“DON’T”

 

Perbekalan Overload

Hal ini terkait perbekalan, yaitu hindari membawa perbekalan terlalu banyak yang bisa membuatmu kurang nyaman. Tidak terbatas saat mudik dengan kendaraan pribadi, tapi juga saat kamu mudik menggunakan transportasi umum. Maka dari itu, prioritaskan untuk yang penting terlebih dulu, jangan sampai kamu kelelahan karenanya.

 

Memaksakan Diri Saat Kurang Fit

Jangan memaksan diri mudik saat badan kurang fit. Lebih-lebih kamu mengemudi atau menyetir. Minum obat pun bukan opsi yang baik bahkan bisa berbahaya karena bisa menyebabkan kantuk. Kebayangkan bagaimana kalau ini terjadi saat kamu mengemudi? Apalagi kalau perjalanannya jauh banget.

 

Tidur Larut

Kondisi badan harus fit dan bugar, itu sudah pasti. Apalagi mudik yang pastinya akan menguras stamina dan waktu. Tidur terlalu larut bisa membuat daya tahan tubuhmu lemah, oleh karena itu istirahatlah yang cukup agar badan fresh serta siap menempuh perjalanan.

 

Buat perjalanan mudikmu nyaman dengan “Do” dan “Don’t” di atas. Dan #BeRIketenangan perjalananmu dengan asuransi terpercaya yang bisa melindungimu setiap saat dari berbagai risiko.